Hidup Tanpa Sampah

by - April 13, 2019

Dari judulnya aja pasti bikin kita semua bertanya-tanya, heran, skeptis dan sejenisnya.

Hah, apa? hidup tanpa sampah? Tanpa nyampah gitu? emang bisa?

Well, bagi kalian yang pernah denger, baca atau familiar dengan konsep Zero waste dan juga yang mungkin masih sepupuan sama Minimalism.

Sebagai manusia yang kesehariannya, dalam aktivitasnya dan kebutuhan sehari-harinya, meniscayakan dia menghasilkan sampah. entah itu dari apa yang dia konsumsi, pakai dan gunakan. Kita berkendara, pasti mengeluarkan emisi, bahkan ketika kita bernafas kita mengeluarkan emisi zat karbon dioksida.

Tapi, bentar-bentar. Yang bakal kebahas di sini sepertinya akan lebih berfokus pada limbah yang dihasilkan dari konsumsi sehari dari kemasan makanan, minuman, bahan kebutuhan pokok atau produk olahan lainnya yang biasanya dibungkus sama plastik.

Yah plastik!
Yang sangat lazim di pakai dimanapun dan pada urusan apapun. Karena apa coba? Karena murah, mudah, praktis. Tapi menginvestasikan bahaya yang besar. Ia ibarat blessing and cursed and the same time.


Lengkapnya bisa di cek di sini :



Nah terus apa solusinya? ternyata gampang (bagi yang sudah biasa).
Tapi akan jadi susah bagi siapapun yang males atau ngga peduli. :")

1. Mulai dari membiasakan untuk mengurangi atau berhenti dari memakai plastik sekali pakai. Pake wadah sendiri aja yang bisa berkali-kali pakai.


2. Berbelanja, masak, dan masaklah dan tidak berlebihan. Biar ngga nyisa makanan. Sampah dapur aja bisa banyak apalagi kalau nyisa makanan. Oya ada juga beberapa sampah dapur yang bisa ditanem lagi atau dikompos.

Kalo prinsip gue sih, mending bagi-bagi/makan rame-rame daripada nyisa. Mending bikin sendiri selama bisa.

3. Pilah sampah, dan manfaatkan bank sampah di sekitarmu.

4. Berbelanja di toko curah/supermarket zero waste sepertinya juga bisa jadi pilihan yang seru tuh.


Gue di sini ngga bisa di bilang pro (pemain lama) di bidang mindful/conscious ini. Tapi sejauh ini sedang berusaha istiqomah, meskipun beberapa kali masih nyampah di situasi kondisi tertentu. But, then, kalo gue dulu ngga segera mulai padahal ini mampu gue lakuin, terus nunggu kapan lagi ya kan?
Kalau temen-temen ingin tau lebih banyak soal tema ini boleh lah ceki ceki di beberapa web ini:
https://zerowaste.id/
https://sustaination.id/blog/

Nah gimana cerita suka duka kalian? apakah kalian termasuk yang peduli? atau baru tau soal lifestyle ini? Komen di bawah ya..

Have a great day folks (^^,) Selamat menghabiskan sisa hari Minggu.

You May Also Like

0 comments